1. Apa yang Anda ketahui tentang E-Business dan E-Commerce?
2. Sebutkan ruang lingkup E-Business!
3. Apa saja manfaat E-Business bagi perusahaan?
4. Menurut Anda seberapa besar pengaruh teknologi informasi terhadap ebisnis! Jelaskan!
Jawab :

1.E-business dan E-commerce dimana e-business sendiri merupakan perluasan dari e-commerce , di mana tidak hanya pembelian dan pembayaran barang, dan pelayanan, tetapi juga disertai pelayanan konsumen, kolaborasi dengan partner bisnis dengan dukungan elektronik sebagai alat transaksi atau organisasi.

2.Ruang lingkup E Business yaitu :
a.What
b. Where
c. Who
d. Why
a. What Secara prinsip pengertian e-business jauh lebih luas dibandingkan dengan e-commerce, bahkan secara filosofis, e-commerce merupakan bagian dari e-bussiness. Jika e-commerce hanya memfokuskan diri pada aktivitas atau mekanisme transaksi yang dilakukan secara elektronik/digital, E Bussiness memiliki wilayah yang jauh lebih luas, termasuk di dalamnya aktivitas relasi antara dua entiti perusahaan, interaksi antara perusahaan dengan pelanggannya, kolaborasi antara perusahaan dengan para mitra bisnisnya, pertukaran informasi antara perusahaan dengan para pesaing usahanya, dan lain sebagainya.
b. Where e-bussiness dilakukan dimana saja, sejauh pihak yang berkepentingan memiliki fasilitas elektronik/digital sebagai kanal akses (access channel). Berbeda dengan bisnis konvensional dimana transaksi biasa dilakukan secara fisik di sekitar perusahaan dengan akses dan variasi transaksi yang terbatas.
c. Who Siapa saja yang melakukan e-bussiness. Klasifikasi entiti yang kerap dipergunakan dalam mengilustrasikan e-bussiness, masing-masing: Agent, Business, Consumer, Device, Employee, Family, dan Government. Contohnya adalah sebuah aplikasi tipe e-commerce B-to-C yang merupakan mekanisme hubungan perdagangan antara sebuah perusahaan dengan para pelanggannya (end consumersnya); atau tipe G-to-G yang menghubungkan dua buah negara untuk permasalahan eksport dan import.
d. Why Penerapan konsep e-business secara efektif memberikan keuntungan bagi perusahaan karena banyaknya komponen biaya tinggi yanga dapat dihemat, yang secara tidak langsung meningkatkan level pendapatannya. Dengan mengimplementasikan eBusiness, perusahaan dapat melihat berbagai peluang dan celah bisnis baru yang selama ini belum pernah ditawarkan kepada masyarakat.

3.Manfaat :
a.Lebih dikenalnya perusahaan ini di kalangan masyarakat yang akhirnya dapat memperluas pasar perusahaan (sarana promosi).
b.Adanya peningkatan citra perusahaan di mata pasar.
c.terbukanya kesempatan untuk memperoleh investor lain, selain meningkatkan kepercayaan investor lama.
d. meningkatnya pendapatan penjualan dari promosi yang dilakukan melalui media elektronik internet.
e.Perusahaan dapat menyampaikan berbagai informasi kepada semua pihak yang berkepentingan dengan cepat, tepat dan efisien.

4. pengaruhnya begitu besar karena teknologi informasi sudah sangat melekat pada diri banyak masyarakat yaitu teknologi komputer atau pengolahan data elektornik (elektronik data processing) dan Teknologi informasi dan komunikasi merupakan elemen penting pada aktivitas manusia pada saat ini khususnya pada ebisnis, di sisi lain teknologi informasi telah menjadi fasilitas utama bagi kegiatan berbagai sektor kehidupan dimana memberikan andil besar terhadap perubahan-perubahan yang mendasar pada struktur operasi dan manajemen sebuah bisnis. namun masih banyak perusahaan, yang masih sulit mengadaptasikan teori-teori baru mengenai manajemen, organisasi, maupun teknologi informasi karena masih melekatnya faktor-faktor budaya lokal atau setempat yang mempengaruhi kebiasaan sumber daya manusianya.